Wednesday, April 15, 2020

Pengertian Ekonomi dan Pentingnya Mempelajari Ilmu Ekonomi bagi kehidupan

PENGERTIAN EKONOMI
   Kata ekonomi pertama kali di gunakan oleh Xenophone, seorang ahli filsafat yunani. Ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu oikos artinya peraturan dan nomos artinya rumah tangga, dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa ekonomi adalah aturan atau cara mengatur  rumah tangga.
Rumah tangga yang dimaksud disini ada 3 yaitu:
  1. Rumah Tangga Keluarga
  2. Rumah Tangga Perusahaan
  3. Rumah Tangga Negara

aktivitas ekonomi
 
     sedangkan ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara setiap rumah tangga atau masyarakat mangatur sumber daya yang mereka miliki untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut ilmu ekonomi.

Perlunya Mempelajari Ilmu Ekonomi
    ilmu ekonomi ini sebuah cabang ilmu yang sangat penting kita pelajari karena hampir setiap aktivitas manusia selalu berhubungan dengan ekonomi, dimana selalu ada kebutuhan (needs)
dan keinginan (wants) yang mesti dipenuhi dan sampai sekarang menjadi sebuah masalah utama dalam ekonomi itu ialah kelangkaan, sumber daya yang terbatas berbanding terbalik dengan keinginan yang tidak terbatas, itulah mengapa kita perlu mempelajari ilmu ekonomi ini agar kita mampu memilih dan menggunakan sumber daya yang terbatas ini secara efisien.
   contoh:
sebuah perusahaan A yang ingin meningkatkan jumlah produksinya untuk menyaingi perusahaan B, maka perusahaan itu mesti membeli mesin, tambahan tenaga kerja, tambahan upah, modal untuk bahan mentah, perluasan pasar dan lain-lain. tidak mungkin kebutuhan perusahaan itu terpenuhi sekaligus karena adanya keterbatasan dana,sehingga perusahaan harus menentukan pilihan-pilihan tentang sumber daya yang mana mesti dipenuhi terlebih dahulu.

disinilah ilmu ekonomi bekerja atas penentuan sumber daya yang mesti didahulukan...

0 comments:

Post a Comment