Thursday, April 16, 2020

Perbedaan Ekonomi Konvensional dan Ekonomi Islam

    Ekonomi konvesional kini merajai ekonomi dunia karena dulu dianggap sebagai sistem yang mampu mengatasi masalah-masalah ekonomi dunia saat itu namun kini ekonomi konvensional telah menampakkan kekurangan-kekurangan nya salah satunya ialah masalah kesenjangan yang terjadi di tengah masyarakat adanya jurang pemisah antara si miskin dan si kaya  hal ini terjadi akibat perputaran uang yang berkutat hanya pada kaum kaum kaya. 
   Kini para pakar ekonomi melirik kearah sistem ekonomi islam sebagai jalan keluar masalah- masalah yang ditimbulkan oleh ekonomi konvensional dimana islam menawarkan sistem pendistribusian pendapatan agar perputaran uang mampu menyentuh kalangan bawah agar prekonomian mereka meningkat yaitu salahs satunya dengan sistem sedekah yang sudah merupakan budaya kaum muslimim sejak dahulu.
adapun prinsip-prinsip ekonomi islam yang membedakannya dengan ekonomi konvensional antara lain:
1.Prinsip Universal
      a. Tauhid
    dimana islam mempercayai semua yang ada didunia ini adalah milik Allah SWT. dan kita sebagai hamba hanya diberikan amanah untuk menjaga dan mengelolahnya untuk memenuhi kebutuhan kita.
      b. Adl
     Adl atau keadilan dalam islam adil itu ialah tidak menzolimi dan tidak dizolimi maksudnya ialah kita tidak boleh melakukan sesuatu yang merugikan pihak lain.
     c. Nubuwah
     Telah Allah SWT, mengirimkan kepada kita seorang nabi sebagai model untuk ditiru sikap dan prilakunya agar terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh agama dia adalah nabi Muhammad SAW, yang memiliki sifat sidik,amanah,fatanah, tahblig.
    d. Khilafah
    Pemimpin kita sebagai manusia diciptakan oleh Allah sebagai khalifah dimuka bumi ini memimpin umat atau memimpin diri sendiri.
     e. Ma'ad
    Ma'ad kita sebagai manusia akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang telah kita lakukan didunia ini.
2. Prinsip Deskiptif
      a. Multipel ownership
    Didalamnya ini termuat prinsip tauhid dan adl, islam menyakini semua yang ada di dunia ini milik Allah dan kita hanya pemilik sementara sehingga kita harus bersikap adil dalam mengelolah alam ini. intinya ialah islam mengakui kepemilikan individu dan hak seluruh umat.
      b.freedom to act
   Didalamnya termuat prinsip adl,nubuwwah,dan khilafa, islam memperbolehkan kegiata ekonomi kecuali yang ada larangannya seperti riba,gharar,maysir dsb. dan dalam melakukan kegiatan ekonomi haruslah bersikap seperti apa yang dicontohkan oleh nabi dan pemerintah sebagai penjaga keseimbangan harga.
       c. Social Justice
     Didalamnya termuat prinsip khilafa dan ma'ad ,seorang pemimpin haruslah memiliki sifat tanggung jawab yang besar terhadap rakyat nya karena seorang pemimpin akan mempertanggung jawabkan perbuatannya di akhirat kelak.
   Semua prinsip ini dipanyungi oleh yang namanya Ahlak karena semua prinsip diatas dapat hasil yang baik tergantung dari bagaimana kita mengerjakan prinsip itu dan hasil yang baik dapat kita peroleh dengan Ahlak yang baik.

0 comments:

Post a Comment